Tags

, , , , ,

Menulis memang bukan salahsatu kegemaran saya, tapi ada kerinduan untuk mengisi kekosongan halaman ini yang sudah cukup lama diabaikan. Dilihat, namun jemari ini seakan kaku karena begitu sibuknya dengan sejuta aktivitas dan sulitnya mengatur waktu dengan baik. Hiraukan celoteh pembuka saya tersebut.

Berbicara kesibukan dan aktivitas, tentunya sebagai manusia bahkan pemuda yang aktif akan selalu berusaha mencari jati diri serta mengembangkan kemampuan yang ada. Salahsatu wadah yang sangat terbuka saat ini adalah komunitas. Tingkat popularitas yang terus meroket membuat setiap individu ingin memberikan kontribusi dan partisipasinya dalam hal sosial. Berbagai macam gerakan sosial telah membuktikan kepedulian sesama dan semangat pemuda yang dituangkan dalam sebuah komunitas. Sepertinya kesadaran akan lingkungan sekitar mulai terlihat diperhatikan. Hal ini tentu membawa dampak positif untuk pihak-pihak yang bersangkutan.

Sedikit berbagi pengalaman pribadi saya dalam berkomunitas. Mungkin banyak teman yang bilang keaktifan saya diluar batas wajar. Keinginan saya bertemu hal baru selalu menjadi faktor utama untuk mengikuti suatu kegiatan atau keanggotaan. Selain itu, pelarian dalam bentuk positif juga menjadi pilihan saya tergabung dalam berbagai aktivitas dan komunitas. Karena bagi saya, kesendirian terkadang sangat berbahaya. Jadi akan lebih baik jika saya melakukan sesuatu dan bertemu dengan orang-orang.

Dengan menjadi bagian dari sebuah komunitas ataupun ikut serta dalam aktivitas sosial, saya bisa merasakan adanya energi positif yang sangat kuat sehingga wawasan saya terbuka dan meluasnya jaringan pertemanan saya. Tentu hal ini sangat berguna untuk kehidupan sosial saya pribadi. Karena seperti yang dipelajari saat duduk dibangku sekolah, manusia tidak akan hidup sendiri karena manusia adalah makhluk sosial. Jadi tidak salahnya untuk menjadi pribadi yang terbuka, namun masih mempunyai batasan-batasan agar tetap pada pegangan, budaya, atau kepercayaan yang dimiliki masing-masing.

Berikut adalah beberapa tips untuk berkomunitas:

1. Mengetahui apa tujuanmu bergabung dalam sebuah komunitas

2. Pilih komunitas sesuai keinginan dan kebutuhan

3. Berkomitmen dan memiliki integritas yang tinggi

4. Menantang diri sendiri untuk melakukan hal baru dan lebih lagi

5. Pembagian waktu akan sangat penting agar kamu memiliki skala prioritas

Intinya, ketika kita senang dan mampu menikmati atas apa yang kita lakukan, semuanya tidak akan menjadi beban. Hidup ini akan jauh lebih indah saat kita mampu bersyukur. Dan hal itu dapat terlihat jelas saat kita bertemu dan berinteraksi dengan hal baru diluar sana 🙂

Advertisements